Story Sharing Mahasiswa TRJT Ikuti Singapore Polytechnic Virtual Exchange Programme

0
415

Makassar, TRJT News – Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dan beberapa perguruan tinggi di Indonesia turut berpartisipasi bersama mitra kolaborasi student exchange menyelenggarakan Virtual Exchange Programme: SingaPore From Your Home, Cultural Exchange Party kerjasama dengan Singapore Polytechnic. Kegiatan ini berlangsung pada 27 Juni hingga 1 Juli 2022 dalam beberapa group melalui Zoom Meeting. Penanggung jawab program di PNUP, Vilia Dharma Paramita PhD menjelaskan bahwa PNUP mengirimkan 18 mahasiswa perwakilan dari beberapa program studi. Ke-18 mahasiswa ini telah melalui beberapa tahap seleksi dan rekomendasi yang memenuhi syarat sesuai agenda kegiatan yang dilaksanakan. Tujuan program ini agar mahasiswa Indonesia dapat saling bertukar budaya mengerti satu sama lain dan memahami perbedaan.

Farhan Rahman, salah satu utusan dari Prodi Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (TRJT) memberikan story sharingnya terkait pelakasanaan Singapore From Your Home atau biasa juga disebut sebagai Learning Exchange (LeX). “Kami hadir bersama 4 perwakilan mahasiswa-mahasiswi dari negara-negara ASEAN diantaranya Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Singapura. Singapura merupakan tuan rumah dalam kegiatan ini”. LeX sendiri diadakan secara daring melalui platform zoom meeting. Hari pertama (Senin, 27 Juni 2022) merupakan agenda pengenalan negara Singapura itu sendiri, meliputi sejarah, budaya-budaya, penduduk, dan festival-festival budaya yang menggambarkan betapa Singapura merupakan negara yang memiliki perbedaan baik itu suku, budaya, ras dan adat.

Kegiatan berlanjut pada hari Jumat tanggal 1 Juli 2022. “Agenda pada hari tersebut merupakan agenda Networking session, culture exchange dan penugasan berupa video. Peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok dan breakout room pada zoom meeting dengan negara yang berbeda-beda dan berkenalan satu sama lain menceritakan budaya dan festival apa saja yang dimiliki oleh negara asal. Kemudian penugasan berupa video ucapan selamat hari raya di festival negara lain menggunakan Bahasa asal negara tersebut dan sebaliknya”, demikian ungkap Farhan disela-sela berakhirnya kegiatan ini memberikan pengalamannya kepada tim Media TRJT.

Lebih lanjut, Farhan juga menyampaikan kesannya bahwa jika sekiranya kegiatan ini dapat berlangsung secara onsite maka kebersamaan bersama peserta dari 4 negara ini terasa lebih akrab. “Melalui online saja kami sudah seperti cepat saling mengenal teman-teman baru dari Malaysia, Thailand, dan Singapura, apalagi kalau ketemu langsung, karena rupanya ada beberapa kemiripan budaya kita baik dari segi makanan, tarian dan lainnya”.

Di tempat terpisah, Koordinator Prodi TRJT, Sirmayanti PhD, sangat mensupport terlaksananya kegiatan ini dan menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara program bahwa salah satu mahasiwanya lolos dalam seleksi tersebut. “Di program exchange ini tentunya para mahasiwa akan terbuka wawasannya dan mendapatkan relasi baru serta ilmu baru terkait budaya Singapura, dan sebagai permulaan gate international exposure bagi para mahasiswa yang mengikutinya”. Di samping itu juga, seluruh peserta memiliki peningkatan kemampuan bahasa Inggris secara praktis karena program ini dilangsungkan full menggunakan bahasa Inggris. “Semua materi dan bahasa pengantarnya yang ada di exchange program ini memang didesain menggunakan bahasa Inggris. Jadi, kita memilih mahasiswa yang memang sudah memiliki dasar speak English yang baik agar tidak ketinggalan dan kesusahan dalam berkomunikasi”, tambah ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here