Serentak, Seminar Proposal Skripsi Perdana Prodi D4 Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi PNUP

0
580

MAKASSAR, TRJT NEWS – Seminar proposal (Sempro) Tugas Akhir, yang disebut Skripsi, perdana Prodi D4 Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (TRJT) telah terlaksana secara serentak pada Jumat (10/12/2021), pada pukul 13.00-17.00 siang waktu setempat. Seminar Proposal merupakan salah satu mata kuliah wajib prodi TRJT (Kode 422P1870121) Semester 7 Tahun Ajaran 2021/2022.

Tujuan mata kuliah Sempro ini adalah untuk membuka wawasan pengetahuan dan keterampilan secara nyata bagi mahasiswa sesuai dengan bidang kompetensi rekayasa jaringan telekomunikasi, sehingga dapat mengeksploirasi pengetahuannya untuk menjawab kebutuhan teknologi pada masyarakat dan industri yang terkait dengan bidang teknologi yang sedang digelutinya. Bentuk output mata kuliah ini adalah persentasi proposal yang terlaksana dalam bentuk sempro Skripsi, yang telah berlangsung tersebut.

Peserta Sempro ini adalah 20 mahasiswa Angkatan I prodi TRJT. Sebelum Sempro, mereka telah mengikuti serangkaian persiapan antara lain lulus mengikuti Mata Kuliah Proposal Tugas Akhir (Semester 6). Penyusunan proposal Skripsi tersebut merujuk kepada Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi Program Diploma Empat (D-4) Bidang Rekayasa Dan Tata Niaga PNUP tahun 2016 yang berlaku hingga sekarang.

Lebih lanjut lagi, dalam persiapan Sempro ini bahwa setiap mahasiswa dibimbing oleh dua dosen pengarah. Penugasan tim dosen pengarah ini dilakukan untuk memberikan pendampingan penyusunan proposal sesuai pedoman yang ada dan pendalaman pengetahuan berupa studi literature sehingga mahasiswa mendapatkan masukan atau dapat berdiskusi lebih lanjut tentang tema skripsi yang diusung. Tim dosen pengarah ini berasal dari dosen tetap program studi (DTPS) Prodi TRJT yang dipilih sesuai dengan bidang kompetensi DTPS atau kesesuaian bidang pengajaran mata kuliah DTPS terhadap topik judul mahasiswa tersebut.

20 mahasiswa yang mengajukan usulan proposal skripsinya masing -masing memiliki satu judul dan disidangkan didepan tim penguji yang terdiri dari DTPS TRJT. Terdapat 4 komponen penilaian dalam Sempro ini yaitu presentasi (15%), Sikap dan Penampilan (15%), Kelayakan Proposal (30%) dan Penguasaan Materi (40%). Hasil penilaian tersebut menjadi standar pertimbangan tim penguji apakah judul yang usulkan disetujui, ditolak atau revisi. Jika disetujui dengan memenuhi persyaratan dan persetujuan seluruh tim penguji selanjutnya adalah aksi ke pelaksanaan dan penyelesaian penelitian Skripsi. Dengan demikian, mahasiswa akan memiliki waktu 9 bulan ke depan untuk menuntaskan penyelesaian Skripsinya dan akan disidangkan dalam Seminar Tugas Akhir yang direncanakan pada bulan September 2022 mendatang.